Beralih Ke HTTP/2 Untuk Akses Lebih Baik

Setelah 16 tahun protokol untuk web yaitu http/1.1 di luncurkan yaitu pada tahun 1999, Internet Engineering Steering Group (IESG) memutuskan untuk mulai menggunakan http/2 sebagai standart penggunaan protokol web mulai sejak 17 Februari 2015.

Seiring dengan berkembangnya teknologi web yaitu dengan adanya CSS, Javascript, HTML yang membuat tampilan web semakin interaktif, memang perlu untuk melakukan update dari segi protokol untuk mendukung perkembangan web yang semakin interaktif. Itulah salah satu alasan http/2 di rilis. Http/2 sendiri juga di rilis guna untuk memperbaiki performa dari pendahulunya yaitu http/1.1 dimana fokus utama dari http/2 adalah segi kecepatan dan keamanan data.

Perbedaan http1.1 dan http2

Perbedaan http1.1 dan http2

Kelebihan http/2

Yang mendasari perbedaan antara http/1.1 dan http/2 adalah pada cara kerjanya. Http/1.1 melayani request dari client dengan metode single connection dimana file-file seperti HTML, CSS, Javascript di muat berurutan satu persatu. Jika salah satu request gagal, maka http/1.1 akan tetap menunggu dimana file yang di request dapat di muat. Itulah mengapa proses untuk menampilkan sebuah halaman website menggunakan protokol http/1.1 butuh waktu yang lebih lama.

Sedangkan http/2 menggunakan metode multiplexing dimana dalam satu single connection dapat memuat banyak data/file sekaligus secara paralel. Inilah mengapa http/2 dapat melayani request untuk menampilkan sebuah halaman web lebih cepat.

Http/2 sendiri mulai di kembangkan setelah google merilis protokol SPDY milik mereka.

Leave a Reply